Membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional kinestetis dan sosial pada masa usia emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan. Membantu peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, sosio emosional, kemandirian, kognitif, bahasa dan fisik/motorik untuk siap memasuki pendidikan dasar. STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN Struktur program pembelajaran di TK mencakup bidang pengembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar yang dilaksanakan melalui kegiatan bermain, bertahap, berkesinambungan dan bersifat pembiasaan.
Di suatu pagi di akhir Maret, matahari sedang membagi senyum indahnya nan hangat. Bias-biasnya menyelusup di sela-sela tirai kelas bagian depan. Anak-anak yang biasa duduk di dekat situ biasanya sedikit bergeser berlindung di balik tirai. Saat itu mereka sedang belajar menirukan beberapa kosakata dalam bahasa Inggris. sambil menunjukkan gambarnya. Sebagian tampak antuasias sampai menirukan beberapa kali. hingga bibir mungilnya manyun. Ada yang mengusili teman sebangkunya hingga terjadi pertengkaran kecil. Dan Bu Guru dengan penuh kesabaran datang melerai. Jika sudah demikian maka pelajaran terhenti sementara. Lamat-lamat dari kejauhan terdengar suara sekelompok orang melantunkan kalimat Tahlil . Tak la ma iring-iringan jenasah tampak melintas di depan gedung TK kami yang memang terletak di pinggir jalan raya. Tanpa diduga, tiba-tiba anak-anak berdiri dan berteriak-teriak, "Ada orang mati!! Orang mati!!" Ibu Guru segera meredakan kegaduhan i
Disiplin adalah sikap yang harus sudah diperkenalkan pada anak sejak usia dini. Tentu saja disiplin dalam bentuk yang masih sederhana. Seperti disiplin dalam hal waktu, misalnya kapan anak harus tidur/ istirahat, makan, mandi, menonton televisi. Disiplin dalam hal berpakaian, misalnya anak tidak diperkenankan hanya memakai pakaian dalam sekalipun cuma bermain di dalam rumah, mengganti seragam sekolah dengan baju rumah saat sudah tiba di rumah dan sebagainya. Beberapa keluarga sudah menerapkan pendisiplinan ini dalam keluarga mereka, namun ada juga yang masih menggunakan kekerasan demi tegaknya kedisiplinan. Suatu ketika seorang murid wanita datang mendekat sambil berbisik-bisik. Sepertinya apa yang akan disampaikan adalah rahasia tingkat tinggi. "Bu, lihat.."roknya agak disingkap lalu segera tampaklah tanda kemerahan di pahanya. "Kok bisa seperti itu? Kenapa? "tanya saya prihatin. Dengan lancar dia bercerita bahwa setiap dia tak mau tidur siang m