Long before children really have to do laundry, it's even better if they learn it young at home. Parents should show and practice it while take it as a fun. These are few steps how to help them develop their skill earlier.. Start young. Kids often notice what their parents do and will ask some questions. When they ask while you do your laundry, explain each step and why you do the things you do. Create a child-friendly washing area . See "Things You'll Need", below. Organize your laundry products where the child can reach and use them, but where they are still up and away from any younger children. Teach them how to sort dirty laundry . Have the child help sort out whites, darks, colors, bedding, towels, etc. As you do so, explain that different colors and types of laundry are separated and washed in different water temperatures or require additional products to help clean them the best way. You will likely have to repeat these instructions many...
Disiplin adalah sikap yang harus sudah diperkenalkan pada anak sejak usia dini. Tentu saja disiplin dalam bentuk yang masih sederhana. Seperti disiplin dalam hal waktu, misalnya kapan anak harus tidur/ istirahat, makan, mandi, menonton televisi. Disiplin dalam hal berpakaian, misalnya anak tidak diperkenankan hanya memakai pakaian dalam sekalipun cuma bermain di dalam rumah, mengganti seragam sekolah dengan baju rumah saat sudah tiba di rumah dan sebagainya. Beberapa keluarga sudah menerapkan pendisiplinan ini dalam keluarga mereka, namun ada juga yang masih menggunakan kekerasan demi tegaknya kedisiplinan. Suatu ketika seorang murid wanita datang mendekat sambil berbisik-bisik. Sepertinya apa yang akan disampaikan adalah rahasia tingkat tinggi. "Bu, lihat.."roknya agak disingkap lalu segera tampaklah tanda kemerahan di pahanya. "Kok bisa seperti itu? Kenapa? "tanya saya prihatin. Dengan lancar dia bercerita bahwa setiap dia tak mau tidur siang m...
Membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian luhur, sehat, berilmu, cakap, kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional kinestetis dan sosial pada masa usia emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan. Membantu peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, sosio emosional, kemandirian, kognitif, bahasa dan fisik/motorik untuk siap memasuki pendidikan dasar. STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN Struktur program pembelajaran di TK mencakup bidang pengembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar yang dilaksanakan melalui kegiatan bermain, bertahap, berkesinambungan dan bersifat pembiasaan.